News

Home News 7 Air Terjun Keren di Tengah Jeram Sungai Pekalen

7 Air Terjun Keren di Tengah Jeram Sungai Pekalen

28 Agustus 2019 97

Pemandangan yang indah memiliki peran penting pada sebuah spot arungan jeram. Di Sungai Pekalen, Probolinggo, tidak hanya dahsyatnya jeram yang bisa Anda dapatkan, sungai ini punya 7 air terjun sekaligus. Sungai Pekalen bisa Anda arungi melalui garis start di Desa Ranu Gedang, Probolinggo, Jawa Timur. Aliran sungainya cukup deras dan terbukti sukses membuat banyak rafter tergila-gila ingin mencobanya kembali.

Dengan jarak sekitar 29 km, Sungai Pekalen terbagi atas 3 area, Sungai Pekalen Atas, Sungai Pekalen Tengah, dan Sungai Pekalen Bawah. Sungai Pekalen Atas berjarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah berjarak 10 km. Masing-masing area sungai tersebut memiliki grade yang berbeda-beda. Memiliki lebar rata-rata 12 meter membuat Sungai Pekalen aman untuk rafter pemula. Padahal sebenarnya, sungai ini memiliki grade jeram level 2 dan 3 yang cukup menantang. Tingkat kesulitan tersebut belum ditambahkan dengan batu-batu yang berdiri seenaknya di sepanjang sungai.

Setidaknya terdapat 50 jeram yang akan menghalang laju perahu karet Anda. Pastikan helm dan rompi pelampung terpasang dengan baik dan pegang erat-erat dayung Anda. Dengarkan kata instruktur yang biasanya selalu mengawal pengarungan di Sungai Pekalen ini. Sesekali air akan melompat masuk ke dalam perahu karet dan membasahi tubuh Anda. Namun, di sinilah asyiknya bermain arung jeram. Terus dayung perahu dengan kuat untuk bisa segera bertemu dengan ai terjun yang ada di Sungai Pekalen.

Ya, itulah lebihnya arung jeram di Sungai Pekalen. Selain jeramnya yang menantang, sungai ini memiliki air terjun yang bisa Anda temukan di tengah perjalanan. Asyiknya lagi, tidak hanya satu air terjun saja, tapi ada tujuh!

Ketujuh air terjun tersebut bisa Anda temui secara bergantian. Masing-masing lokasi pasti punya pemandangan cantik yang berbeda-beda. Jangan lupa untuk siapkan kamera lengkap dengan housing-nya untuk mengabadikan pemandangan indah ini.

Setelah melewati tujuh air terjun, bukan berarti pengarungan sudah selesai. Masih ada jeram yang harus Anda lewati. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar mengatur tenaga agar tidak habis saat di tengah perjalanan. Sesekali Anda akan melewati sungai dengan aliran yang tenang. Di sini, Anda bisa menarik napas sambil menikmati pemandangan yang alami. Akan tetapi, Anda harus waspada karena instruktur terkadang akan membalikkan perahu karet sehingga awaknya akan tercebur di sungai. Yah, basah deh!